KENALI INTERIOR KAPAL DAN DAPATKAN ILMU DESAIN .
Assalamualaikum Wr.Wb
Pengertian Interior
Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata
' Interior ' , pasti dipikiran kita ketika mendengar
kata ' Interior ' langsung membayangkan bentuk ' Ruangan '.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian kata " INTERIOR "
dan pengertian "INTERIOR KAPAL" dan perbedaannya dengan
interior pada bangunan , rumah, dan lain-lain.
Kata ' Interior ' memiliki arti
bagian dalam gedung , ruangan , bangunan, kapal, pesawat, dan lain sebagainya ;
tatanan perabot / furniture yang ada didalam ruangan (hiasan pada ruangan dan
sebagainya). Interior juga sering kali diartikan sebagai komponen
tambahan/hiasan yang bisa menambah nilai estetika pada ruangan itu sendiri.
Interior yang digunakan biasanya berhubungan dengan perabot atau furniture ,
penataan ruangan dan perabotnya, pemilihan cat / wallpaper yang digunakan pada
ruangan , dan lain-lain yang berhubungan dengan bagian dalam ruangan.
PENGERTIAN INTERIOR KAPAL
Interior pada kapal tentunya sangat
berbeda dengan interior yang ada pada ruangan di gedung, rumah, apartement apalagi bangunan lainnya. Hal yang membuat berbeda bisa dari bentuk perabotnya, bentuk
ruangannya, cara pemasangan perabot pada ruangan, konstruksi dinding, dan
lain sebagainya.Sedikit saya beri penjelasan tentang hal-hal yang berbeda dari
Interior Kapal dengan Interior rumah, bangunan, atau sebagainya.
Salah satu hal yang berbeda adalah
, Bentuk Perabot atau Furniturenya.Berdasarkan pengalaman yang saya
dapatkan ketika melakukan kegiatan praktek disekolah SMKN 3 BUDURAN untuk mendesain ruangan
dengan furniturenya dengan berdasarkan bentuk ruangan pada ruang ABK ' SIMULATOR KAPAL '
yang dimiliki olek SMKN 3 Buduran, jurusan Interior Kapal. simulator tersebut terletak pada ruang bengkel interior kapal. karena Perabot yang dibuat
harus mengikuti bentuk gading/lambung kapal pada SIMULATOR KAPAL
tersebut. sehingga bentuk dari furniture yang ada didalamnya menyesuaikan bentuk gading kapal yang sudah ada.
1. Saat setelah pengukuran dan pencatatan di buku tulis,langkah pertama ialah membuat sebuah persegi panjang dengan ukuran 530 cm x 290 cm (Ukuran ini berdasarkan ukuran simulator asli)
Gambar Persegi Awal untuk Desain
2. Lalu pembuatan bagian miring pada desain simulator,untuk ukuran ada digambar dibawah ini.
Gambar Sisi Miring Pada Bagian Depan Desain
3. Setelah tergambar,kemudian mengahapus bagian luar gambar garis miring yang telah ditentukan.
Gambar Sisi Miring yang telah di potong
4. Setelah bentuk 2D nya selesai,langkah berikutnya adalah mengpush agar desain simulator menjadi bentuk 3D,menu ini dapat kalian jumpai di opsi Tool lalu pilih Push/Pull.
Gambar bentuk awal 3D desain simulator
5. Kemudian menghapus bagian atas desain simulator tersebut agar kelihatan bagian dalamnya.
Gambar Bagian atap telah dihapus
6. Selanjutnya adalah menggambar pintu masuk,untuk ukurannya bisa kalian lihat digambar bawah ini,setelah itu kita hapus bagian tengahnya agar terlihat sebagai pintu masuk.
Gambar Bagian pintu masuk
7. Kemudian kita mengpush bagian dindingnya setebal 5cm dan juga mengpush bagian lantainya dari ujung depan sampai ujung belakang.
Gambar penebalan dinding dan lantai bawah
8. Lalu berikutnya membuat sekat dinding dengan ukuran jarak dari dinding pintu depan sejauh 200cm dan lebarnya 100cm,lalu mengpullnya sejajar dengan tinggi dinding simulator.
Gambar penggambaran sekat dan penebalannya
9. Selanjutnya adalah pembuatan frame/gading dengan ukuran lebar 5c m dan panjang dari ujung atas sampai bawah simulator kemudian mengpullnya setebal 0,5 cm.
Gambar pembuatan gambar gading
10. Kemudian mengpull ujung atas frame tersebut setinggi 56 cm,kemudian disusul menggambar garis setebal 0,5 cm dipermukaan framenya,itu bertujuan untuk membentuk frame yang berbentuk siku lalu mengpullnya setebal 5 cm.
Gambar peninggian bagian atas gading
Gambar pembuatan gading berbentuk siku
11. Lalu kemudian mengcopy nya dengan cara menekan mengselect/memilih seluruh bagian frame dengan cara mengklik kiri mouse lalu ditarik dari kanan ke kiri,kemudian setelah terpilih semua tekan key “M” lalu “Ctrl”.lalu pilih satu sudut untuk penghantar jalan copyannya lalu klik kiri tarik kekanan lalu ketik 100 agar mendapat jarak 100 cm.
Gambar penduplikatan/pengcopyan gading
12. Lakukan cara tersebut berkali-kali hingga sampai diujung belakang desain simulator,lalu lakukan hal yang sama seperti No. 9-11 pada sisi lain desain simulator tersebut.
Gambar gading disisi kanan dan kiri
13. Kemudian untuk pembuatan atap,hanya cukup mengpull bagian belakang desain simulator lalu klik dan tarik hingga permukaan depan simulator,lalu enter.Lali hapus bagian tengah hasil “Pull” tersebut agar bagian pintunya tetap terbuka dan atapnya telah tertutup.Lalu kita pull atap tersebut setebal 5 cm lalu enter.
Gambar pembuatan atap simulator
14. Setelah jadi,langkah berikutnya adalah pemberian texture/warna.Disini sebagai contoh saya menggunakan warna hijau,tapi jika kalian ingin warna/texture lain bisa kalian cari sendiri di opsi Tool lalu pilih Paint Bucket.
Gambar pemberian texture pada desain
Diatas adalah langkah-langkah pembuatan badan desain simulator abk,untuk pembuatan ruangan bisa kalian buat sesuai dengan ide/kreasi kalian sendiri di software Sketcup 2019.Setelah pembuatan desain simulator abk telah selesai,berikutnya adalah pembuatan desain masing-ruangan yang ada didalam sekat,Berikut adalah pembagian sekat ruangan pada desain simulator kapal.
Berikut gambar desain Simulator :
Desain Tempat Tidur Untuk Simulator Kapal
Perhatikan antara
posisi tempat tidur atas dan bawah. Tempat tidur yang atas terlihat posisinya
lebih kedalam daripada tempat tidur yang bawah. karena bentuk gading yang seperti huruf V yang membuat tempat tidur atas lebih masuk kedalam, dan membuat anak tangga kebih condong ke dalam(miring). Hal ini menunjukkan bahwa
bentuk kasur menyesuaikan bentuk gading/lambung pada Simulator Kapal.
gambar detail lemari yang lebarnya menyesuaikan gading yang tersedia.
Desain Lemari Untuk Simulator Kapal
Bentuk lemari yang
digunakan juga sedikit berbeda, bentuk lemari yang menempel pada dinding kapal
yang sekaligus gading kapal, bentuknya mengikuti bentuk lambung/gading kapal.
Hal ini bertujuan untuk membuat perabot yang dibuat sesuai dengan bentuk
dinding dimana perabot itu diletakkan. meskipun terlihat aneh tetapi itu bergunauntuk mencegah terjadinya perabot yang goyang dan memanfaatkan ruang kosong
Jadi, dapat
disimpulkan bahwa bila ruangan pada kapal berada tepat di posisi gading/lambung
kapal itu sendiri, semua perabot dibuat mengikuti bentuk gading/lambung kapal
ketika meletakkan perabot tersebut. Hal ini bisa tidak terjadi, bila pada
bagian sebelum lengkungan lambung tersebut diberi sekat sebagai pembatas.
Sehingga dinding kapal tidak mengikuti bentuk lambung melainkan sekat itu
sendiri. Saat membuat perabot sekaligus meletakkan perabot hanya mengikuti
bentuk dinding yang dibuat dari sekat tersebut.
Aplikasi sketchup bisa didapatkan dimana?
BalasHapusbisa download lewat internet, atau playstore
HapusMaterinya mudah difahami banget :)
BalasHapusalhamdulillah terimakasih
HapusButuh berapa hari untuk membuat desain simulator di aplikasi sketch up?
BalasHapustergantung kita sendiri dan tingkat kesulitan yang kita hadapi, untuk desain ini 1-3 hari cukup
BalasHapus